Edukasi Tips

Tips Mencegah Anak Terlambat Bicara

anak terlambat bicara
anak terlambat bicara

Manusia adalah makhluk sosial. Sehingga manusia membutuhkan pembicaraan atau berbicara dalam satu hari. Begitu pun dengan bayi, hal yang paling pertama diajarkan kepada bayi, tentunya adalah interaksi, dalam arti lain mengajarkan kepada bayi untuk berbicara. Sejak dalam kandungan bayi sudah mampu mendengar apa yang lingkungan sekitrnya bicarakan, begitu pun ketika bayi sudah lahir, ia juga sudah mampu mendengar apa yang lingkungan sekitarnya bicarakan. Namun, di lain kasus, selalu ada kondisi dimana bayi telat dalam berbicara. Untuk itu, ibu dan ayah atau orang tua harus melakukan tips – tips berikut ini untuk mencegah anak terlambat bicara, yaitu di antaranya adalah :

  • Selalu mengajak bayi berbicara sejak bayi masih berada dalam kandungan

Hal ini tentu dilakukan sejak awal ibu terdeteksi hamil. Usahakan ibu atau ayah sang bayi untuk terus mengajak bayi berintraksi , misalnya ketika makan atau waktu – waktu menjelang tidur, sang ayah atau sang ibu bisa melakukan beberapa dialog dengan bayi. Kegiatan ini tentunya sangat memberikan dampak positif, selain untuk terus memberikan stimulus mengenai bahasa, kegiatan ini juga akan memberikan pengaruh yang lebih intens antara janin dengan ibu dan ayahnya.

  • Membacakan buku cerita sejak bayi dalam kandungan

Selain berdialog dengan bayi dalam kandungan, orang tua juga dapat melatih bayi berbicara sejak dini adalah melalui dongeng. Tentunya buku dongeng yang dipilih itu buku – buku dongeng yang khusus anak – anak.

  • Selalu melakukan dialog dengan bayi ketika sudah lahir

Ketika sudah lahir pun, bayi harus sering diajak berdialog, tentunya ini sangat dibutuhkan sang bayi, untuk memperkenalkan bahasa ibu kepada bayi. Kemudian juga untuk merangsang indera pendengaran dan mempersiapkan anak untuk belajar berbicara. Ketika anda berdialog dengan bayi, gunakanlah bahasa – bahasa yang benar, karena anak – anak sangat mudah meniru. Kegiatan ini juga akan membuat anak anda terhibur dan selalu ceria , sehingga selain untuk mencegah anak terlambat bicara, kegiatan ini baik juga untuk perkembangan mental anak.

About the author

firman Suchau

Add Comment

Click here to post a comment