Ibu & Anak Kesehatan

Kontraksi yang Mengindikasi Persalinan Sudah di Depan Mata

Tanda akan Melahirkan

Kontraksi umumnya tidak dapat terlihat oleh siapapun melainkan hanya sang ibu yang merasakan, meskipun tanda akan melahirkan yang satu ini banyak diketahui banyak orang. Namun seperti apakah tanda atau ciri kontraksi yang menunjukan persalinan sudah di depan mata.  Inilah ciri ciri kontraksi akan melahirkan yang perlu diketahui oleh ibu hamil. Berikut diantaranya :

  1.    Sakit pada punggung

Rasa sakit di bagian punggung yang terus menerus dan terjadi selama berhari-hari merupakan tanda persalinan akan segera terjadi. Setelah itu diikuti dengan pecahnya ketuban dengan jumlah yang banyak dan tiba-tiba.

  1.    Sakit pada vagina

Ibu hamil yang usia kehamilannya sudah tua, umumnya mulut rahim sudah mulai terbuka lebar secara otomatis. Otot-otot disekitar leher rahim mengalami pelebaran akibat kepala bayi yang sudah mulai turun. Hal tersebut bisa  membuat vagina ibu terasa nyeri.

  1.    Perut merasa keras dan kaku

Pada usia kandungan terakhir atau trimester ketiga biasanya perut ibu akan semakin mengeras dan akan memuat perasaan tidak nyaman ketika duduk atau tidur. Hal tersebut menunjukan bahwa bayi mulai mengadakan pergerakan kepalanya menuju arah mulut rahim. Itu sebabnya perut akan terasa keras dan di iringi rasa mulas.

  1.    Keluar lendir dari vagina

Lendir pada vagina biasanya akan keluar sedikit demi sedikit namun akan terus meningkat seiring proses persalinan yang semakin dekat.

  1.    Keluar flek darah bersama cairan dari vagina

Keluar flek dan cairan pada vagina biasanya adalah tanda akan melahirkan selanjutnya. Ini membuktikan bahwa proses persalinan semakin dekat.

  1.    Sering buang air kecil

Karena rahim yang semakin tertekan oleh bayi, maka akan berpengaruh juga pada kantung kemih si ibu. Sehingga menimbulkan frekuensi buang air kecil yang semakin meningkat.

  1.    Pergerakan janin mulai jarang dan melambat

Pergerakan yang semakin berkurang karena bayi sedang mencari posisi yang pas untuk keluar. Setelah itu kontraksi yang beraturan biasanya akan segera terjadi yang memungkinkan si ibu akan segera masuk ke proses persalinan.

  1.    Bagian atas perut ibu terasa kosong

Jika si ibu sudah merasakan bagian perut atas terasa kosong ini berarti bahwa bayi sudah mulai turun dan akan segera keluar.

  1.    Sakit dan pegal pada pinggul dan pinggang

Selain sakit pada bagian bawah perut atau rahim, ciri atau tanda selanjutnya adalah munculnya rasa sakit dan pegal pada pinggul dan pinggang.

  1.  Pecahnya air ketuban

Keluarnya air ketuban dengan jumlah yang banyak dan tiba-tiba dapat diindikasikan bahwa proses persalinan sudah sangat dekat.

About the author

firman Suchau

Add Comment

Click here to post a comment