Kesehatan

Cara Menjaga Kehamilan Yang Direkomendasikan

Cara menjaga kehamilan
Cara menjaga kehamilan

Cara menjaga kehamilan tentu merupakan salah satu cara yang harus dilakukan oleh ibu yang sedang hamil. Dalam masa kehamilan ini kita harus serba berhati-hati dalam melakukan berbagai kegiatan ataupun dalam hal mengkonsumsi makanan, perlu kiranya dipertimbangkan makanan apa yang sekiranya bisa dikonsumsi.

Untuk Anda para ibu hamil berikut ini ada beberapa cara menjaga kehamilan supaya Anda dan janin tetap sehat:

  • Melakukan pemeriksaan ke bidan atau dokter secara rutin

Hal yang perlu Anda lakukan yaitu pemeriksaan pada bidan atau dokter kandungan yang secara teratur. Melakukan pemeriksaan secara rutin ini akan dapat memberikan penanganan dini terhadap permasalahan yang terjadi kepada Anda dan janin.

  • Menghindari rokok, minuman beralkohol, dan membatasi kafein

Kemudian selanjutnya yaitu menghindari rokok, perlu diketahui bahwa salah satu faktor risiko yang bisa menyebabkan keguguran, persalinan prematur, dan plasenta yang bermasalah yaitu  merokok pada saat hamil. Dalam beberapa penelitian mengaitkan bahwa ibu yang merokok bayi lahir dengan kondisi bibir sumbing. Kemudian Anda hindari juga  minuman yang beralkohol karena bisa meningkatkan risiko berat bayi lahir dengan rendah, gangguan belajar, bahasa, bicara, dan kemudian menjadikannya hiperaktif. Kemudian Anda batasi pula untuk asupan kafein pada saat hamil untuk dapat menghindari resiko keguguran dan munculnya masalah lain pada masa kehamilan Anda. Selain itu lebih baik Anda menghindari kegiatan atau hobi yang bisa membuat ibu hamil memakai zat kimia contohnya yaitu seperti cairan pembersih, pestisida, atau yang mengandung logam berat.

  • Mengendalikan kondisi emosional

Pada masa kehamilan ini bisa memicu berbagai emosi contohnya yaitu seperti gembira, bersemangat sampai gelisah dan lelah. Untuk Ibu hamil yang seringkali cemas berkaitan dengan kondisi bayi, kemampuan mengasuh sampai dengan kondisi finansial. Akan tetapi, jangan sampai hal-hal tersebut bisa menyebabkan stres. Untuk ibu hamil yang mengalami perubahan emosi yang naik turun atau secara tiba-tiba merasa ingin menangis sangat wajar. Nikmati setiap proses dalam masa menjaga kehamilan, jangan Anda terlalu memaksakan atau kemudian menghakimi diri. Dalam hal ini Anda bisa meminta dukungan dari keluarga atau pasangan. Kalau perubahan mood tersebut menjadi intensif maka dalam hal ini sebaiknya konsultasi dengan dokter atau psikolog.

Itulah beberapa cara menjaga kehamilan yang sangat direkomendasikan untuk ibu yang kini sedang hamil.

 

About the author

firman Suchau

Add Comment

Click here to post a comment