Pendidikan

Cara Bijak Rosulullah Dalam Mendidik Anak

mendidik anak
mendidik anak

Nabi Muhammad SAW di daulat oleh Allah SWT sebagai utusan-Nya memang sangat tepat. Ya, memang Rosulullah merupakan manusia terbaik yang pernah Allah SWT ciptakan. Dalam diri Rosulullah terdapat contoh yang baik yang harus kita ikuti, agar kita dan keluarga kita selamat dunia dan akhirat. Begitupun dalam mendidik anak, Rosulullah memberikan contoh kepada kita bagaimana cara mendidik anak dengan sangat bijak. Anak merupakan karunia dari Allah SWT yang diberikan kepada siapa saja yang Dia kehendaki.

Jika kita dipercayai karunia tersebut, maka sebagai salah bentuk rasa syukur kita adalah dengan cara mendidik anak sesuai dengan yang pernah dicontohkan oleh Rosulullah SAW. Rosulullah sangat mengerti bagaimana cara mendidik anak yang benar dan tepat, sehingga beliau dikarunia keturunan yang memiliki perilaku dan akhlak yang sungguh sangat luhur. Bagaimana cara Rosulullah mendidik anak ? kita akan bahas dalam artikel ini, agar anda bisa mempraktekannya dalam kehidupan sehari – hari.

Ketika Rosulullah mendidik anak, beliau mengajarkan banyak hal melalui pendekatan yang sangat sempurna kepada anak – anaknya. Beliau begitu sangat bijak ketika menanamkan nilai – nilai kebaikan tanpa harus memaksakan kehendaknya agar semua yang disampaikan harus ditaati oleh sang anak. Adapun cara Rosulullah mendidik anak adalah sebagai berikut :

  1. Sejak dalam kandungan, dengan cara mendoakan anak sejak masih dalam tulang Sulbi sang Ayah, hingga memberikan dzikir doa keselamatan saat akan lahir.  
  2. Ketika anak lahir sampai usia 3 tahun, anak membutuhkan banyak stimulasi atau rangsangan agar saraf-saraf di otaknya berkembang sehingga mendorong kecerdasan dan pembentukan jiwa sang anak
  3. Pada usia 4-10 hingga 18 tahun, anak diajari belajar mengenali dirinya dan mengajari sesuatu dengan kejujuran. Biasanya orangtua kerap mengiming-iming anak agar anak itu senang dengan berkata bohong kepada anaknya, mengajarkan dan memperlakukan anak dengan mencela dan sering memberikan ketidakadilan pada anak-anak mereka serta memanjakan anak secara berlebihan

Demikian cara bijak mendidik anak yang biasa dilakukan oleh Rosulullah SAW. Kita sebagai pengikutnya sudah seharusnya mencontoh apa  – apa yang dilakukan Beliau saat mendidik anak – anaknya. Bersabarlah dalam mendidik anak – anak kita, karena kesalahan atau kekeliruan yang anak kita lakukan, sebenarnya mereka tidak menyadarinya karena keterbatasan pemikiran mereka yang memang belum mengetahui mana yang baik dan mana yang tidak baik.

About the author

firman Suchau

Add Comment

Click here to post a comment